Tips Memilih Beras yang Bagus dan Sehat

Irsan Astamedia November 2, 2012

beras rajaleleNol7.com – Untuk sebagian besar orang Indonesia, beras merupakan bahan makanan pokok yang paling utama. Sebagian besar pengonsumsi beras, sering merasa belum lengkap jika belum menyantap makanan dengan nasi sekalipun sudah makan banyak roti gandum ataupun camilan dari ketela. Ini unik, begitu cintanya orang Indonesia akan beras. Gagal panen beras di berbagai daerah sering langsung disikapi dengan mengimpor beras dari luar negeri dalam jumlah besar. Orang Indonesia kesulitan untuk menyukai karbohidrat dari bahan selain beras.

 

Namun, saat ini tidak mudah memilih beras yang bagus. Bagus dalam hal ini adalah kualitas beras dan keasliannya. Kualitas? Tentu saja. Ada cukup banyak jenis beras, dari yang berkualitas tinggi hingga yang biasa dan murah. Keaslian? Ya, faktanya, banyak pemalsuan beras di pasaran yang dapat membahayakan kesehatan kita.

 

Bagaimana cara memahami kualitas dan keaslian beras? Tips berikut ini bisa Anda pakai sebagai parameter keamanan saat membeli beras.

  1. Pahami beras Mentik Wangi (Pandan Wangi). Beras yang harus baik saat mentah maupu ketika sudah menjadi ini memiliki bulir pendek, cenderung bulat, dan tidak putih namun agak kekuningan. Daya tahan wangi beras hanya sekitar 2 bulan pasca panen. Harga beras ini lumayan mahal. Jika Anda menemukan Mentik Wangi berbentuk lonjong, terlalu wangi, atau licin dan putih, maka sebaiknya Anda tidak membelinya, karena itu bukan ciri Mentik Wangi. Justru, kemungkinan besar beras dipalsukan, memakai pewangi berbahaya, dan bahkan pemutih
  2. Pahami beras Rajalele, nama untuk di Jawa Tengah dan Jawa Timur, di Jawa Barat bernama beras Muncul. Bentuk cenderung bulat, pada bulirnya terdapat area putih susu, dan tidak wangi, bau biasa saja. harga di bawah Mentik Wangi.
  3. Pahami IR 64. Ini beras alternatif, harga lebih terjangkau. Warna beras tidak terlalu putih dan tidak juga kekuningan. Dalam waktu 3 bulan setelah panen dia masih akan pulen setelah dimasak, namun akan pero (kaku) jika sudah lawas dan mudah basi. Berhati-hatilah jika menemukan IR 64 terlalu putih.
  4. Pahami IR 42. Beras ini berkualitas dibawah IR 64 namun harga malah lebih mahal karena jarang ada. Bentuk bulir kecil, warna dan bau biasa saja.

 

Berhati-hatilah membeli beras di mana pun saja. Jangan sampai warna putih, bau wangi, bentuk bagus, menggoda Anda. Dengan memahami ciri-ciri beras, semoga kita tidak akan terjebak lagi membeli beras yang mengandung bahan kimia.

Mentik Wangi

Leave a Comment

One Comment

  1. Pingback: -NoL7.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *